DJ Promedical - шаблон joomla Mp3

Lihat Hasil Lab

Username :
Password :

You are here:

Tips 5 Cara Mendidik Anak Balita

ilustrasi

Cara mendidik anak balita merupakan pekerjaan yang bisa dikatakan susah-susah gampang. ada kalanya tingkah laku anak balita itu sedang lucu-lucunya dan menggemaskan dan seketika mereka bisa berubah menjadi rewel dan menjengkelkan. Perlu diingat bahwa anak balita tidak bisa disamakan seperti sebuah mainan yang sudah dibekali buku petunjuk dalam mengoperasikannya. Oleh karena itu, para orangtua harus selalu belajar setiap saat tentang bagaimana cara mendidik anak balita yang baik dan benar.

Belajar Konsisten :
Ajari anak balita untuk mulai bersikap konsisten sejak dini. Misalnya, ajari mereka untuk mandi atau tidur tepat waktu. jika tidak mematuhi, Anda bisa memberikan konsekuensi ringan pada balita atau berikan teguran halus agar mereka mengerti tentang konskuensi dari tingkah laku atau kebiasaannya. Ketika balita sudah mulai bersikap konsisten, maka diharapkan balita akan mudah diajak kerjasama sehingga anda tidak akan terkesan sedang memerintah atau menghukum mereka.

Menghabiskan Waktu Bersama Balita :
Usia 1-3 Tahun merupakan masa perkembangan kecerdasan emosional balita sehingga curahan kasih sayang dan perhatian orang tua sangat dibutuhkan oleh balita pada masa ini. Anda bisa menghabiskan waktu bersama balita dengan cara bermain bersama atau berperan sebagai teman bermain mereka.

Memberikan Bantuan Kepada Balita Seperlunya :
Banyak orangtua yang menganggap bahwa balita belum bisa melakukan banyak hal sehingga orangtua akan cenderung menawarkan bantuan kepada anaknya dalam melakukan sesuatu. Hal ini tidak sepenuhnya salah, namun akan lebih baik jika orangtua membatasi penawaran bantuan tersebut agar anak bisa mulai belajar mandiri sedari dini. Biarkan anak balita anda untuk melakukan segala sesuatunya sendiri dan beri mereka bantuan ketika mereka benar-benar sudah tidak sanggup melakukannya.

Sabar dan Perhatian :
Balita merupakan sosok yang aktif dan kreatif sebagai orangtua tentu kita terkadang akan kesulitan dalam mengawasi keaktifannya dalam kegiatan sehari-hari untuk itu sebagai orangtua perlu adanya kesabaran dan ketelatenan yang tinggi agar balita tetap bisa dijaga dengan baik. Selain itu berikan perhatian lebih dalam hal tindakan apa yang boleh dan tidak dilakukan oleh balita, Tindakan yang baik akan membuat balita terdidik untuk selalu melakukannya sementaramelarang tindakan yang buruk akan membuat balita menjadi menghindari dan tidak melakukan tindakan yang sudah dilarang.

Pengertian dan Keteladanan :
Balita belum mampu untuk berpikir secara logis seperti orang dewasa pada umumnya. Oleh karena itu, orangtua disarankan agar lebih imajinatif dalam menjelaskan tentang apa yang boleh dan tidak boleh mereka lakukan. Balita jugaakan lebih cepat belajar dari apa yang mereka lihat sehari-hari, termasuk dari apa yang dilihat dan dilakukan oleh orangtuanya dalam kehidupan sehari-hari, maka dari itu anda harus bisa menjadi teladan bagi mereka baik dalam bersikap maupun dalam bertutur kata.

disadur dari : http://infosehatbugar.com/2359/tips-5-cara-mendidik-anak-balita.html

Recommended Services

Imunologi merupakan pemeriksaan darah yang bertujuan untuk mendeteksi awal adanya infeksi virus,...

More...

Pemeriksaan Hematologi merupakan pemeriksaan yang terdiri dari darah lengkap ( Hb, Eritrosit,...

More...

CAYA Laboratorium melayani pemeriksaan Radiologi dengan menggunakan peralatan yang canggih...

More...